Beberapa Keutamaan dari Membaca Al-Qur’an

Banyak sekali keutamaan tentang membaca Al-Qur’an, setelah kita tau beberapa dari keutamaan membaca Al-Qur’an maka seharusnya member motifasi kepada dirikita untuk bisa membacanya setiap hari, untuk awal-awalnya mulai saja dengan membiasakan baca Al-Qur’an 1 lembar, nantik klo sudah terbiasa mungkin bisa di tingkatkan lagi sampai 1 hari 1 jus, yang penting istikomah setiap hari membaca Al-Qur’an.




“ seutama-utama ibadah ummatku adalah membaca Al-Qur’an”


“ Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla membaca surat Thaha dan yaasin sebelum ia menciptakan makhluk seribu tahun. Ketika malaikat mendengar Al-Qur’an, mereka berkata ‘beruntunglah ummat yang ini (Al-Qur’an) di turunkan kepada mereka, dan beruntunglah bagi dada yang menghafalkannya, dan beruntunglah bagi lidah-lidah yang mengucapkan ini.”


“ Allah yang maha suci dan maha tinggi berfirman ‘ barang siapa yang di sibukkan oleh bacaan Al-Qur’an dari pada berdoa kepadaku dan memohon kepadaku, maka saya memberinya pahala orang-orang yang bersyukur.”

“ Tiga orang besok pada hari kiamat pada onggokan kasturi hitam, mereka tidak di goncangkan oleh ketakutan dan tidak terkena hisab (perhitungan amal) sehingga selesai apa yang di antara manusia, yaitu seseorang yang membaca Al-Qur’an karena mencari keridhaan Allah Azza wa Jalla, dan seseorang yang menjadi imam pada suatu kaum, dan mereka ridha kepadanya.”


“ sesungguhnya hati itu berkarat sebagaimana besi itu berkarat. Lalu di tanyakan: ‘wahai Rasulullah, apakah yang menghilangkannya ?’ lalu beliau bersabda : membaca Al-Qur’an dan mengingat mati.”

Amr bin Ash berkata : setiap ayat di dalam Al-Qur’an adalah satu derajat di dalam surga, dan pelita di dalam rumahmu. Dan ia berkata juga : barang siapa membaca Al-Qur’an maka masuklah kenabian di antara lambungnya hanya saja ia tidak di beri wahyu.

Abu Hurairah ra berkata : sesungguhnya rumah yang di dalamnya di bacakan Al-Qur’an, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan keluar daripadanya. Dan sesungguhnya rumah yang di dalamnya tidak di bacakan kitabullah Azza wa Jalla, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat keluar daripadanya dan setan-setan itu menghadirinya.

Ahmad bin Hambal berkata : saya melihat Allah Azza wa Jalla di dalam tidur (mimpi) lalu saya berkata ‘ wahai tuhanku, apakah seutama-utama sesuatu yang untuk mendekatkan diri oleh orang-orang yang di dekatkan kepadamu?’ dia berfirman ‘Hai Ahmad, dengan firmanku’ ahmad bertanya lagi : ‘ wahai tuhanku dengan faham atau tidak ?’ dia berfirman : ‘dengan faham dan tidak faham’.

Amr bin Maimun berkata : barang siapa membuka mushaf ketika sholat subuh, lalu ia membaca 100 ayat daripadanya, maka Allah Azza wa Jalla mengangkat baginya seperti amal seluruh penghuni dunia.

Ali bin Abi Thalib ra berkata : tiga hal menambah dalam pemeliharaan dan menghilangkan dahak, yaitu bersugi atau bersiwak, puasa, dan membaca Al-Qur’an.

sumber Terjemahan Kitab Ihya' Ulumiddin Jilid 2

Dari beberapa Keutamaan Membaca Al-Qur’an seharusnya kita menjadikannya sebagai bacaan rutinitas kita, di atas sudah di jelaskan, entah kita pafam tentang makna nya dan tidak pafam tentang maknanya, dari segi membacanya saja kita sudah mendapatkan pahala yang besar. Semoga Sobat Aswaja mendapatkan ridho Allah swt dengan membaca Al-Qur'an.

Subscribe to receive free email updates: