Kelebihan Sholat Isya’ dan Subuh Secara Berjemaah

Kelebihan Sholat Isya’ dan Subuh Secara Berjemaah - Ketahuilah, bahwa membiasakan diri sholat berjemaah adalah perkara yang amat penting. Tetapi ada bedanya antara berjemaah sholat dzhur, sholat ashar dan sholat maghrib, memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dari masing-masing waktu sholat. Kali ini akan membahas tentang kelebihan sholat berjemaah isya’ dan subuh.

 Kelebihan Sholat Isya’ dan Subuh Secara Berjemaah
Berjemaah pada sholat isya’ dan subuh adalah lebih penting dan lebih banyak pahalanya ketimbang lainnya, karena Rasulullah saw telah bersabda :

hadist tentang kelebihan sholat isyak dan subuh

“ Barang siapa sholat isya’ berjemaah, maka seolah-olah ia telah bangun beribadah setengah malam, dan barang siapa sholat subuh berjemaah, maka seolah-olah ia telah bangun sepanjang malam beribadah.”
Sabdanya lagi  :
 hadist tentang kelebihan sholat isyak dan subuh



“ Perbedaan antara kita (kaum muslimin) dengan kaum munafikin adalah bahwa mereka tidak sanggup hadir berjemaah sholat isya’ dan subuh.”
Ada sebuah riwayat yang menyatakan, bahwa barang siapa sholat isya’ berjemaah, maka ia akan di lindungi Allah hingga waktu pagi. Dan barang siapa sholat subuh berjemaah, maka ia akan di lindungi Allah hingga waktu petang.”

Bersabda Rasulullah saw : “ Maka tiadalah Allah akan menuntut daripadanya sesuatu, setelah ia berada dalam lindungannya”. Yakni, Allah swt akan melindungi dirinya dari orang lain yang merencanakan kejahatan terhadapnya, setelah ia berada dalam lindungannya dengan berjemaah sholat isya’ dan subuh itu.
Sebagaimana telah di beritakan pula, bahwa Al-Hajjaj bin Yusuf (Gubernur Bashrah di masa Bani Umayyah),  yang terkenal dengan kezhaliman dan pelanggarannya terhadap batasan-batasan Allah swt. Apabila di seret kepadanyaa orang yang bersalah pada siang hari, ia akan bertanya ‘ Adakah engkau sholat subuh berjemaah pada hari ini ?’ apabila di jawab iya, niscaya ia akan melepaskan orang itu, lantaran khawatir, bahwa kelak Allah swt akan mengancamnya, setelah orang itu berada dalam lindungannya.

Setelah kita mengetahui kelebihan-Kelebihan berjemaah pada sholat isya’ dan subuh kita seharusnya berusaha untuk mengerjakannya, dan percaya bahwa apa yang di sabdakan Rasulullah saw di atas adalah benar. Mari kita sama-sama berusaha untuk bisa istikomah berjemaah pada sholat isya’ dan subuh. Bukan hanya di 2 waktu saja, kalau anda bisa lebih baik berjemaah di 5 waktu sholat itu, pahala nya jelas lebih banyak lagi. Salam Sobat Aswaja. Shollualannabi Muhammad .


Subscribe to receive free email updates: