Bentuk Tubuh Rasulullah

Belajar-islam - kali ini akan berbagi tentang ciri-ciri fisik nabi muhammad menurut hadist, mulai dari Bentuk Tubuh Rasulullah saw. mulai dari Rambut Nabi Muhammad Saw, Wajahnya Rasulullah, Tinggi Nabi Muhammad Saw, Mata Rasulullah, dan lain-lain. 

Bentuk Tubuh Rasulullah

Dalam satu riwayat yan bersumber dari Anas bin Malik  ra. Diceritakan sebagai berikut :

Bentuk Tubuh Rasulullah
“Rasulullah saw bukanlah orang yang berperawakan terlalu tinggi, namun tidak pula pendek. Kulitnya tidak putih bule juga tidak sawo matang. Rambutnya ikal, tidak terlalu kriting dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah (menjadi rasul) dalam usia 40 tahun. Beliau tinggal di makkah (sebagai rasul) sepuluh tahun dan di madinah 10 tahun. Beliau pulang ke Rahmatullah dalam usia 60 tahun . Pada kepala dan janggutnya tidak terdapat sampai 20 lembar rambut yang telah berwarna putih .”
Di riwayatkan oleh Abu Raja’ Qutaibah bin Sa’id, dari Malik bin Anas, dari Rabi’ah bin Abu Abdirrahman yang bersumber dari Anas bin Malik ra.

Demikian pula Anas bin Malik ra pernah bercerita perihal bentuk tubuh Rasulullah saw, sebagai berikut :

Bentuk Tubuh Rasulullah
“ Rasulullah saw mempunyai bentuk tubuh yang sedang, tidak tinggi dan tidak pula pendek, serta bentuk tubuhnya bagus. Rambutnya tidak terlalu keriting dan tidak pula lurus kaku dan kehitam-hitaman warnanya (rambutnya). Bila beliau berjalan, maka jalannya cepat ."
Diriwayatkan oleh Hamid bin Mas’adah al-Bashri, yang didengarnya dari Abdul Wahab ats-Tsaqafi dari Hamid yang bersumber dari Anas bin Malik ra.

Dalam riwayat lain yang bersumber dari al-BArra’ bin Azib ra . Diceritakan :

Bentuk Tubuh Rasulullah

“Rasulullah saw adalah seorang pria yang berperawakan sedang, bahunya bidang. Rambutnya yang lebat mencapai daun telinganya. Bila beliau mengenakan pakaian merah, tiada seorang pun yang pernah kulihat lebih tampan darinya .”
Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar al-Abdi, dari Muhammad bin Ja’far, dari Syu’bah, dari Abu Ishaq yang bersumber dari al-Barra’ bin Azib ra.

Masih bersumber dari al-Barra’ bin Azib ra, ia mengungkapkan :

Bentuk Tubuh Rasulullah

“ Aku tak pernah melilhat orang yang berambut panjang terurus rapi, dengan mengenakan pakaian merah yang lebih tampan dari Rasulullah saw. Rambutnya mencapai kedua bahunya. Kedua banhunya bidang. Beliau bukanlah seorang yang berperawakan pendek dan tidak pula terlampau tinggi. ”
Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Waki’, dari sufyan, dari Abu Ishaq, yang bersumber dari al-Barra’ bin Azib ra.

Dalam suatu riwayat yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib ra, dikemukakan :

Bentuk Tubuh Rasulullah

“ Nabi saw tiadalah berperawakan tinggi, tidak pula pendek. Telapak tangan dan kakinya terasa tebal. Kepalanya besar, demikian pula tulang persendiannya. Bulu dadanya memanjang. Bila beliau berjalan, berjalannya gontai seakan-akan sedang turun ke tempat yang rendah. Tidak pernah aku melihat orang seumpama beliau, baik sebelum maupun sesudahnya.”
Diriwayatkan oleh Muhammad bin Isma’il dari Abu Nu’aim, dari al-Mas’udi, dari Utsman bin Muslim bin Hurmuz dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib ra.

Juga dalam satu riwayat yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib ra, dikemukakan :

Bentuk Tubuh Rasulullah

“ Rasulullah saw tidak berperawakan terlalu tinggi dan tidk pula terlalu pendek. Beliau berperawakan sedang diantara kaumnya. Rambutnya tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku, melainkan ikal bergelombang. Badannya tidak gemuk, dagunya agak lancip dan wajahnya agak bundar. Kulitnya putih kemerah-merahan. Matanya hitam pekat dan bulu matanya lentik. Bahunya bidang. Beliau memiliki bulu lebat yang memanjang dari dada sampai ke pusat. Telapak tangan dan kaki nya terasa tebal. Bila beliau berjalan, berjalan dengan tegap seakan-akan beliau turun ke tempat yang rendah. Bila beliau berpaling, maka seluruh badannya ikut berpaling. Diantara kedua bahunya terdapat Khatamun Nubuwwah, yaitu tanda kenabian. Beliau memiliki hati yang paling peurah diantara manusia. Ucapannya merupakan perkataan yang paling benar diantara semua orang. Perangainya amat lembut dan beliau paling ramah dalam pergaulan. Barangsiapa yang melihatnya, pastilah akan menaruh hormat kepadanya. Dan barang siapa yang pernah berkumpul dengan nya, kemudian kenal padanya, tentulah ia akan mencintainya. Orang yang menceritakan sifatnya, pastilah akan berkata, “belum pernah aku melihat sebelum dan sesudahnya orang yang seistimewa beliau saw.”
Diriwayatkan oleh Ahmad bin ‘ubadah adl-Dlabi al-bashari, juga diriwayatkan oleh Abi bin Hujr dan Abu ja’far Muhammad bin al-Husain, dari Isa bin Yunus, dari Umar bin Abdullah, dari Ibrahim bin Muhammad, dari salah seorang putra Ali bin Abi Thalib yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib.

Sumber Terjemahan Kitab Asy-Syamail Muhammadiyyah

tunggu bagian 2 nya yaaa, Di atas telah dijelaskan menurut beberapa hadits mengenai ciri-ciri fisik nabi muhammad, ada hadits yang menjelaskan tentang Tinggi Nabi Muhammad Saw, ada juga hadits tentang rambut Nabi Muhammad Saw. semoga kita para Pecinta Rasulullah dari segala penjuru bisa melihat Rasulullah saw di akhirat kelak, lebih-lebih bisa bertemu dengan Rasulullah Saw di dunia atau bisa bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw.

Habib Munzir AlMusawa : Anda carilah kitab terjemahan Syamail Muhammadiyah Imam Tirmdziy. Semua orang yang baca buku itu langsung mimpi Rasul SAW, karena buku itu memaparkan seluruh budi pekerti Rasul SAW, cara duduknya, cara menyisirnya, cara berpakaiannya, cara berjalannya, maka orang yang membacanya dengan seksama akan terbayang dalam alam pikirannya sosok sang Nabi SAW, lalu muncullah dahsyatnya kerinduan, maka beliau pun muncul dalam mimpi.

Bacalah buku Syamail Muhammadiyah, orang yang membaca buku itu, seakan seluruh sifat dan gerak gerik Nabi SAW sudah menerangi jiwanya,  maka ia Insya Allah semakin terbuka tabir antaranya dengan Rasul SAW. Sungguh buku itu akan membangkitkan cinta pada Rasul SAW, dan itu adalah bacaan para pecinta Rasul SAW. Dalam buku itu bila kita membacanya seakan akan Rasul SAW sudah didepan kita. Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad ......

Subscribe to receive free email updates: