Wajib Menyempurnakan Bersuci sebelum mendirikan Sholat

Wajib Menyempurnakan Bersuci sebelum mendirikan Sholat, sebelum kita melakukan sholat tentunya wajib kita bersuci terlebih dahulu dengan berwudhu, nah dalam berwudhu ini kita harus mantab dan sesuai syarat atau rukun nya wudhu, nanti kita bahas dalam hal fikih mengenai syarat syahnya wudhu kita, nantinya menggunakan buku terjemahan kitab bulughul marah karangan Ibnu Hajar Al-Asqalani. 


Diantara syarat memelihara dan menegakkan sholat ialah menyempurnakan kesucin secara menyeluruh terhadap badan, pakaian dan tempat sholat. Rasulullah saw bersabda :

“ Kesucian adalah kunci sholat”
Hadis yang lainnya ialah :

“ Kesucian adalah separuh iman”
Di antaranya lagi ialah meratakan air ke seluruh anggota wudhu dengan mengulanginya 3 kali tanpa was-was atau keraguan. Karena was-was dalam bersuci dan sholat merupakan hasutan setan yang menyesatkan orang-orang yang dangkal ilmu dan lemah akalnya. Sebagian salaf saleh telah berkata : “ was-was itu ditimbulkan oleh kebodohan tentang perkara-perkara yang sunnah, atau kebebalan akal.”

Adapun mazhab salaf dalam mengurus kesucian dalam segala hal adalah suatu ajaran yang terpuji. Sesungguhnya merekalah yang patut menjadi contoh dan teladan. Memperbarui wudhu untuk setiap sholat adalah sunnah, begitu pula mengekalkan diri dalam keadaan berwudhu pada setiap sholat adalah mahbub (disenangni Rasulullah), karena yang demikian itu mengandung berbagai menfaat.

Diberitakan, bahwa Allah swt pernah berfirman kepada Musa as “ jika engkau ditimpa bencana, sedang engkau tiada bersuci (berwudhu), maka janganlah engkau mencela melainkan dirimu sendiri.” Selain itu, ada banyak riwayat shahih yang lain mengatakan, bahwa barang siapa berwudhu dengan membaguskan wudhu nya maka akan gugurlah semua dosa dari anggota-anggota wudhu itusesudah itu, ia akan memasuki sholat, sedang keadaan dirinya bersih suci dari segala dosa.

Sumber terjemahan kitab An-Nasa'ih Ad-Diniyah wal-Wasaya Al-Imaniyyah (nasehat agama dan wasiat iman)

tidak ada salahnya kita lebih berhati hati dalam bersuci atau berwudhu yang nantinya menjadi syarat syahnya sholat kita, Wajib Menyempurnakan Bersuci sebelum mendirikan Sholat, bagaimana jika kita masih punya wudhu dan ingin sholat ? misalnya antara maghrib dan isya' , mungkin anda masih punya wudhu karena baru selesai membaca Al-Qur'an misalnya, tak lama kemudia berselang waktu 10 menitan anda menonton tv dan duduk di bawah lantai saat nonton tv. entah kenapa di hati anda pas anda mau melakukan sholat muncul di pikiran anda, " Apakah tadi saya pas waktu duduk sambil nonton tv mengeluarkan angin (kentut) ? apakah Apakah tadi saya pas waktu duduk sambil nonton tv tempat duduk yang saya duduki ada kotoran dari cicak atau semacamnya ". jika ada pikiran seperti itu di otak anda alangkah baiknya anda mengambil wudhu lagi, atau mengganti sarung yang baru yang masih suci. Dia atas sudah ada kata Memperbarui wudhu untuk setiap sholat adalah sunnah. jadi klo anda ragu-ragu atau was-was, tanpa pikir panjang anda harus berwudhu lagi.

Subscribe to receive free email updates: